Senin, 15 Juni 2015

Ragam Wisata Lombok Pulau Moyo

Pulau Moyo - Pulau Romantis dengan Segala Keindahan Alamnya

Pulau Moyo merupakan sebuah pulau kecil yang terdapat 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Meskipun kecil dan sepi, pulau ini memiliki keindahan alam, pantai dan bawah laut yang sangat menakjubkan. Bahkan pulau ini pernah dikunjungi oleh Lady Diana dan Mick Jagger untuk berlibur. Pulau yang secara administratif terletak di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, ini memiliki luas 330 km persegi, ketinggian maksimum 671 meter, serta garis pantai sepanjang 88 km.
Baca Juga Ragam Wisata Bali Disini
Ragam Wisata Lombok Pulau Moyo
Pulau Moyo
Keindahan Alam yang ada di Pulau Moyo

pulau moyo, pemandangn bawah laut, snorkeling, diving, pulau moyo sumbawa, tempat wisata di lombok. Di Pulau Moyo terdapat ratusan kupu-kupu di balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savana, menandakan bawah pulau ini masih terjaga kelestariaanya. Pulau ini juga dihuni 21 jenis kelelawar, burung, macaque, babi liar, rusa dan ular.
Ragam Wisata Lombok Pulau Moyo
Keindahan Alam Pulau Moyo
Hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, tentunya akan menggugah minat para pecinta hiking. Selain hiking di hutan, Anda juga dapat menyusuri sungai dan air terjun serta beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki. Salah satunya adalah Gua Ai Manis. Namun gua yang dihuni oleh ratusan kelelawar ini dapat dicapai dengan sedikit memanjat tebing.

Pulau Moyo juga merupakan “surga” bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 di antaranya berada di pulau ini. Beberapa spesies burung langka juga bisa Anda temukan di sini seperti Kakatua berkepala kuning dan burung Gosong yang sangat unik karena mengandalkan tanaman dan ranting pohon untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.

Selain hutannya yang masih alami, Pulau Moyo juga terkenal karena keindahan alam bawah lautnya sehingga hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah snorkeling atau menyelam. Di taman laut yang indah tersebut, bisa Anda temukan sponge (spon), crustacea, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta dan sekelompok ikan terbang. Terkadang Anda juga bisa menemukan hiu kecil serta belut yang asik berenang di sekitar pantai Ai Manis.

Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih terjaga habitat dan keindahannya. Anda juga bisa melakukan diving di sekitar Pulau Medang yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo. Atau mengunjungi Pulau Satonda, pulau mungil di sebelah timur laut Pulau Moyo yang memiliki danau air asin di tengah pulau.

Dengan segala keindahannya dan keasriannya, maka banyak yang mengatakan kalau Pulau Moyo adalah tempat sangat romantis sehingga sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu.

Akomodasi di Pulau Moyo

akomodasi di pulau moyo, kapal ke pulau moyo, tempat wisata di lombok, pulau moyo sumbawa
Untuk menuju ke Pulau Moyo, akses dari Pulau Sumbawa untuk umum bisa menggunakan transportasi laut namun masih terbatas. Para backpacker bisa menggunakan penyeberangan rakyat yang tersedia setiap hari. Kapal rakyat dari Pulau Moyo tiba ke Pelabuhan Muara Kali di Sumbawa sekitar pukul 09.00 pagi dan berangkat ke Pulau Moyo lagi pukul 11.30 siang. Kapal ini memang hanya mengantar warga Pulau Moyo yang ingin berbelanja di pasar Sumbawa. Anda bisa menumpang di kapal motor ini dengan tarif mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per orang. Waktu tempuh ke Pulau Moyo sekitar dua jam dari Pulau Sumbawa.
       Baca Juga Ragam Wisata Jogja Disini
Jika Anda menggunakan kapal rakyat, maka Anda harus menginap di Pulau Moyo karena kapal baru berlayar lagi ke Sumbawa keesokan harinya. Jika ingin kembali ke Pulau Sumbawa pada hari itu juga, Anda bisa menyewa perahu motor nelayan setempat dengan tarif Rp 400.000-Rp 600.000, tergantung dari tawar-menawar dan kesepakatan dengan pemilik kapal.

Selain menggunakan transportasi umum, Anda juga dapat menyewa speed boat milik swasta dengan biaya sekita 3 juta rupiah untuk pegi - pulang. Dengan menyewa speedboat, waktu perjalanan Anda semakin cepat dan dapat mengelilingi Pulau Moyo seharian penuh. Jika tidak, Anda bisa menggunakan transportasi khusus yang disediakan oleh Amanwana Resort.

Titik penyeberangan lainnya ke Pulau Moyo yaitu melalui Ai Bari yang terletak 20 km dari Sumbawa Besar. Dari Ai Bari, Anda bisa menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar 15 menit atau dengan kapal ketinting dengan waktu yang lebih lambat tentunya.

Di Pulau Moyo tidak ada akomodasi lain selain Amanwana. Jika ingin menginap di pulau ini disarankan membawa tenda atau sleeping bag. Namun Anda juga bisa menumpang di rumah-rumah penduduk, biayanya tergantung kesepakan dengan mereka. Jangan khawatir warga setempat sangat ramah dengan para wisatawan, bahkan bila sudah cukup kenal, mungkin anda bisa numpang gratis di rumah mereka.

Bila anda menjadi tamu Amanwana Resort maka transportasi dan fasilitas akomodasi bukan masalah lagi. Penginapannya berupa tenda-tenda eksklusif setaraf hotel bintang lima dengan tarif semalam sekitar $800.

Sumber : wisatalombokaja.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar